Life!

Well, i want to tell you about story of my life! Hm, gue anak 1. kenapa anak 1? karena gue anak tunggal yang lahir nya tanggal 1 bulan 1 tahun 1991 bahahahak bisa gitu yeeeee~
Gue lahir di keluarga yang sederhana tapi penuh didikan. Maklum orang Ambon kan rata2 didikan nya militer semua, jadi kebawa deh tuh turun temurun di keluarga gue. Nyokap gue anak sulung dari 3 bersaudara, bokap gue juga anak sulung dari 4 bersaudara. Bisa dibilang keluarga gue adalah keluarga yang alig sik. Karena orang2 yang tau banget orangtua gue (kayak temen2 mereka) pasti udah tau gilak nya orangtua gue kayak gimana.
Bokap gue terlahir dari broken home, Oma Opa gue cerai waktu bokap gue masih kelas 3 SD. Bokap gue bener2 out of control parah, dia "pemake & pedagang" narkoba. Gilssss kan! Ketemu lah sama nyokap gue, nyokap yang keras & pemberontak, kabur hidup dijalan selama 6tahun, ngerasain berjuang sendirian. Karena nyokap bertolak belakang sama lingkungan dan didikan keluarga sendiri karena menurut nyokap gue, didikan Opa Oma gue itu sangat amat otoriter, ditaktor dan yaaaaaa gitu deh gak cocok pokok nya sama nyokap yang typical nya "woles". Gue akuin kok kedua orangtua gue bukan anak baik2 emang, masa lalu mereka suram banget. Gue awal nya sempet gak terima dan berpikir "kenapa bokap nyokap gue gak sama kayak orangtua temen2 gue? apa iya nanti ada cowok yang mau nerima gue ketika tau kisah orangtua gue?"
ada satu kejadian waktu gue SD, temen sekolah gue bilang sama gue kalo bokap gue kemaren abis beli "barang" di deket rumah nya. Gue gak percaya, gue marah banget sama temen gue. Sepulang gue sekolah gue cerita sama nyokap soal kejadian itu, dan nyokap gue mengalihkan pertanyaan gue tadi. Malem pas bokap gue balik, ribut lah tuh bokap nyokap gue. Darisitu gue mikir apa yang temen gue bilang itu ternyata bener! Iya bokap gue emang pemakai & penjual, jadi BD dan sempet "masuk" yaaaaah inti nya parah deh emang bokap gue. Gue sempet malu, sedih, marah tapi gue gak bisa apa-apa. Gue cuma ngerasa hidup kayak nya gak adil banget! Bokap gue kerja kok, kerja kantoran, di perusahaan keluarga besar nya sendiri, jabatan bagus tapi yaaaaa karena dari dulu udah gak bisa lepas sama narkoba jadi apa yang selama ini bokap gue cari itu gak ada hasil nya, abis semua buat di narkoba!
Bokap Nyokap gue sekarang udah pisah, karena Bokap udah ngasih statement kalo dia mau narkoba terus sampe dia mati hahaha tapi gue santai. Karena gue sayang Nyokap, gue gamau dia terus2an nyiksa batin sendiri karena harus pertahanin Bokap. gue ngebiarin mereka pisah, karena itu jalan terbaik buat mereka berdua. gue juga gak deket sama Bokap, ngobrol biasa2 aja, dicium/peluk aja gue gapernah mau hahahaha. dari gue lahir Nyokap sendirian, ngelahirin sendirian gak di dampingin Bokap. karena posisi nya waktu itu gue "ditolak/gak diakui" sama mereka semua (re; keluarga2 Bokap) dan Bokap sibuk sama narkoba nya. Nyokap harus berjuang mati2an ngasih kehidupan buat gue, bersyukur banget gue punya Opa dan Oma juga tante2 om2 yang sayang banget sama gue dan Nyokap! Mereka ngedampingin Nyokap terus karena gue lahir dalam kondisi yang gak sehat. Harus nya gue itu lahir sekitar tanggal 24/25 Desember'91 tapi Nyokap gak mau lahiran pas Natal (kata nya ntar gabisa ngumpul2 pas Natalan) Nyokap nunda persalinan sampe akhir nya air ketuban nya pecah dan masuk di paru2 gue + leher gue pun kelilit tali puser hahaha gila yee. Puji Tuhan, Tuhan masih kasih kesempatan gue berjuang buat hidup. Beberapa minggu gue di incubator, dipakein monitor jantung dan berbagai selang buat ngeluarin cairan2 racun di tubuh gue. Nyokap harus berjuang sendirian buat biayain sekolah gue, keperluan gue. Nyokap bener2 faith. Gue sedih banget, karena kebanyakan orang selalu mandang gue sebelah mata, mereka bilang gue bakalan jadi perempuan gak bener yang masa depan nya suram karena ngeliat kondisi keluarga gue yang "gak baik2 aja" membuat mereka berpikir kalo gue akan sama kayak bokap gue. Gue sempet ngobat, pokok nya being depressed. Gue jadi pemarah, dingin sama semua orang, dan kasar karena gue benci sama Bokap. Sampe rasa benci gue sekarang berubah jadi bener2 tawar yaaaaaa sangat amat biasa. Nyokap sama sekali gak mukul gue padahal dia tau kalo gue abis minum/neken, nyokap justru pelukin gue dan minta maaf karena dia ngerasa gue gak bahagia jadi anak nya. Pelan-pelan gue belajar rubah semua kebiasaan buruk gue dan darisitu gue sadar, di dalam dunia ini emang gak pernah ada keluarga yang sempurna. Gak ada alasan apapun untuk jadi rusak. dan gue akhir nya sadar, gue gamau dibilang victim of broken home. Justru gue harus nunjukin ke orang2, walaupun gue kayak gini tapi gue yakin suatu saat gue bisa jadi kebanggaan semua orang karena prestasi gue. Gue tau orangtua gue bukan orangtua yang sempurna kok, walaupun gitu gue bersyukur karena Nyokap mau selalu ngajarin hal-hal baik buat gue. Tuhan itu super keren, gue ditempatkan di posisi seperti ini untuk belajar banyak hal tentang hidup, perjuangan cinta. Ini cuma cerita singkat dari gue hehe. Untuk kalian yang baca sedikit cerita gue ini, semoga kalian bisa lebih menghargai kehidupan kalian dan jangan pernah coba ngerusak diri sendiri seberat apapun masalah nya coba dihadapin. Jangan pernah berharap kesempurnaan dalam dunia ini, kesempurnaan yang sebenar nya menurut gue adalah ketika lo bisa bikin orang lain tertawa bersama lo sekalipun keadaan hati lo sedang hancur 😊
pray more, worry less. always keep trust and faith

Komentar